Packing/Gasket Pada Mesin serta Alternatif Packing/Gasket Kertas dan Lem
Selamat datang kembali di blog gue. Pada postingan kali ini gue akan membahas salah satu komponen penting pada mesin yaitu packing/gasket. Apa itu packing/gasket? Packing/gasket adalah sebuah bahan yang diletakkan diantara dua part blok mesin yang disatukan yang berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran diantara celah 2 part tersebut.
Ada pun macam-macam gasket yaitu:
1. Gasket Bahan Kertas
2. Gasket Bahan Kertas yang Dipernis
3. Gasket Bahan Gabus
4. Gasket Bahan Gabus yang di Campurkan Karet
5. Gasket Bahan Karet
6. Gasket Bahan PTFE/Teflon
7. Gasket Bahan Grafit Berlapis Kain
8. Gasket Bahan Logam
9. Gasket Bahan Asbek yang Berlapis Tembaga
10. Gasket Bahan Lem
Gasket ini punya peranan yang sangat penting pada mesin motor. karena pada permukaan yang akan di-assembly tidak selalu memiliki kerataan dan kahalusan permukaan yang sempurna. Dengan adanya gasket ini, gasket dapat menyesuaikan ketidaksempurnaan permukaan part tersebut sehingga celah-celah kecil pun dapat tertutup. Ada kalanya ketika sedang belah mesin, gasket yang terpasang (biasanya kertas dan lem) rusak akibat dilepas, dan kita tidak sempat membeli gasket pengganti.
Jangan khawatir! Jika gasket kertas yang digunakan rusak dan belom memiliki gasket pengganti, kita dapat membuat gasket baru dengan kertas kalender/kertas karton. Gasket kertas yang paling tipis biasanya memiliki tebal sebesar 0.5 mm dan yang paling tebal 2 mm. Ada baiknya kertas yang akan digunakan diukur terlebih dahulu menggunakan jangka sorong untuk melihat ketebalannya.
Jujur gue sendiri pernah menggunakan kertas HVS ukuran A4 sebanyak 2 lembar sebagai bahan pembuat gasket dan ternyata mesin mengalami kolebocoran. Setelah diukur ternyata kertas tersebut memiliki ketebalan 1mm satu lembarnya (total jadi 2mm). Menurut gue kertas HVS ini sangat tidak cocok dijadikan gasket selain karena tipis, kertas ini sangat mudah robek jadi sangat menyusahkan saat pemasangan.
Lalu gue pakai kertas kalender dengan ketebalan 4mm. Dan alhasil motor gue jadi sehat tidak ada bocor. 😎
Nah, kemudian untuk gasket lem. Biasanya digunakan di bagian transmisi dan kruk as (crank case). Jika tidak ada lem gasket tersebut, kita dapat menggunakan lem silicone yang biasa dipakai untuk aquarium atau lem kaca. Lem silicone ini memiliki ketahanan yang lumayan baik karena tahan pada suhu tinggi dan mampu menahan tekanan. Dan lebih baiknya lagi harganya terjangkau dan dapat di beli di toko material terdekat.
Untuk proses pembuatan gasket kertas dapat disimak di video berikut 👇 (monggo di-like dan subscribe channel yang punya disini):
Sekian postingan kali ini mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan. Selamat mencoba!
Comments
Post a Comment