setel Kerenggangan Klep

     


    Selamat datang kembali di postingan gue berikutnya. Kali ini gue mau berbagi tips buat setel kerenggangan klep motor. Straight to the point, gue pernah baca long time ago. Katanya motor revo gue itu setelan klepnya 0.15 mm, dan pas gue coba mesinnya biasa aja bunyinya. Dan kemaren pas gue baca di sini, setelan klep yang bagus buat astrea/legenda (c-series, yup, revo mesinnya teknologi jadul. wkwk) ukurannya 0.05 mm. Dan bener, motor gue kaya baru lagi. suaranya halus, tenaganya ada lagi, pokoknya enak lah motornya. Cuman nih, kemaren mungkin teknik kencengin baut klepnya kurang bener jadi putaran atasnya jadi seret.

    Dari artikel-artikel yang pernah gue baca nih, kalau setelan klep lebih rapat dari standar, bukaan katup jadi lebih lama (sedikit), bensin jadi boros, dan saat mesin panas, klep pun memuai dan tidak menutup dengan rapat (kompresi bocor), tenaga mesin pun menjadi berkurang. Belom lagi karena setelan yang rapat membuat mesin susah untuk berputar di rpm tinggi dikarenakan gesekan yang kuat antara cam shaft dengan rocker arm/klep. Tapi dengan setelan rapat, suara mesin menjadi halus.

    Jika setelan klep terlalu renggang, mesin akan menjadi berisik karena benturan cam shaft dengan klep/rocker arm. Positifnya, putaran mesin enteng karena gesekan menjadi berkurang. 

    Cara Stel Klep

    


    
    Dari siklus tersebut, bisa kita lihat diantar langkah kompresi dan langkah usaha (titik mati atas /TMA) klep tidak di tekan oleh noken as. Jadi, sebelum kita lakukan stel klep, pastikan posisi piston berada di TMA dan berada di antara langkah kompresi dan langkah usaha. 


       Lalu, kendorkan baut rocker arm dan selipkan feeler gauge sesuai dengan standar masing-masing motor (contoh : 0.05mm). Kemudian kencangkan baut rocker arm menggunakan tangan, dan akhiri dengan kencangkan mur pengunci.

        Pastikan feeler gauge masih bisa didorong dan ditarik keluar. Dan begitulah cara setel klep motor. mudah-mudahan postingan ini bermanfaat, jika ada salah kata mohon dimaafkan.

🙏

Comments

Popular posts from this blog

Suka-Duka Menggunakan Ban Lebar

Packing/Gasket Pada Mesin serta Alternatif Packing/Gasket Kertas dan Lem