Cara Meningkatkan Performa Kopling Motor
Selamat datang kembali guys, di postingan kali ini saya ingin membagikan tips dan cara untuk meningkatkan performa kopling motor. Kopling adalah sebuah mekanisme pemutus dan penghubung daya transmisi, terutama penghubung/pemutus antara as penggerak dengan as yang digerakkan. Mekanisme dari kopling ini memanfaatkan gaya gesek antara kampas kopling dengan plat kopling yang ditekan dengan pegas/gaya sentrifugal/gaya lainnya. Dari mekanisme kopling tersebut, kita bisa paham nih kalau transfer daya mesin hingga ke roda sangat bergantung dengan besarnya kemampuan gesekan dari kopling ini.
Untuk sekedar wawasan aja nih, sebenernya ada banyak jenis-jenis kopling, yaitu :
-Dry clutch
Dry clutch/kopling kering ini adalah kopling yang plat dan kampas koplingnya tidak direndam oli. punya performa gesekan yang baik akan tetapi pembuatan dan materialnya relatif mahal. Pada umumnya digunakan pada motor 2 tak, mobil, beberapa motor balap dan pada kopling sentrifugal motor matic.
-Wet clutch
Kebalikan dari kopling kering, wet clutch/kopling basah adalah kopling yang direndam oli yang bertujuan untuk menurunkan suhu kerja kopling, membuat umur kopling lebih panjang, kinerja kopling yang tidak berisik dibanding kopling kering, dan transfer tenaga yang lebih lembut dibanding kopling kering (lembut karena gaya gesek semakin rendah). Banyak dijumpai pada motor 4 tak bebek dan sport.
-Centrifugal clutch
Centrifugal cluth adalah tipe kopling yang baru terhubung ketika as penggerak berputar mencapai rpm tertentu, sehingga sepatu kampas rem akan terbuka akibat gaya sentrifugal dan bergesekan dengan mangkok kopling dan terjadi lah transfer daya. sentrifugal clutch ini ada yang basah dan ada yang kering seperti mangkok kopling pada motor matic (basah) dan pada kopling ganda motor bebek (basah).
Dan ada jenis kopling yang lainnya tapi itu aja udah cukup sih.
Meningkatkan performa kopling
Kembali pada topik awal untuk upgrade performa kopling motor, tipe kopling ini kalo merujuk pada wikipedia namanya basket clutch. Basket clutch ini cara kerjanya per kopling menekan kampas dan plat kopling yang belapis-lapis dan saling silang sehingga menghasilkan gesekan. Pada beberapa motor ada yang menggunakan judder spring atau mangkok penampung oli (mesin c series honda) yang fungsinya adalah untuk meredam kejutan dari daya motor yang tiba-tiba, agar mesin tidak menyentak ketika tuas kopling dilepas perlahan-lahan.
Sebenernya sih simpel banget dan udah dibilang di atas kalo naikin performa kopling motor itu dengan cara memperbesar gaya gesek antara kampas dan plat kopling motor. Berikut cara-caranya :
a. Per kopling yang keras
Untuk menaikkan gesekan kopling kita bisa menggunakan per kopling yang lebih keras seperti dengan per kopling racing atau adopsi per kopling motor lain yang lebih panjang.
b. Kampas kopling racing
Kopling racing dibuat dengan material khusus sehingga memiliki gesekan yang lebih baik. Atau bisa juga dengan cara adopsi kampas kopling motor cc lebih besar.
c. Plat kopling yang kasar
Ini jujur cuman pernah liat di youtube, caranya plat kopling motor di ampelas atau di gosok di lantai yang kasar supaya permukaan plat kopling lebih kasar dan gaya geseknya bertambah. (gaya gesek nambah = umur kopling berkurang, yang penting kentjeng 🤣).
d. Lepas judder spring dan mangkok oli
Judder spring dan mangkok oli ini bertujuan untuk mengurangi gaya gesek dari kampas kopling saat pertama kali tuas kopling dilepas. Jadi sah-sah saja melepas part ini untuk menambah perfoma kopling.
e. Menggunakan kopling kering
Untuk opsi ini sangat bergantung dari ketersedian part aftermarket. Jika tidak ada yang jual ya, jadinya tetep pake kopling basah. 😅
Demikian yang dapat saya sampaikan, jika ada salah kata mohon dimaafkan. Jika dirasa ada yang kurang atau ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar. Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat bagi penggiat otomotif roda dua. Sekian dan terima kasih.
🙏
Comments
Post a Comment